Sabtu, 21 Maret 2020

Inilah Fungsi Bebatuan Pada Rel Kereta beserta Fakta Lainnya!

Maret 21, 2020



Kereta Api sudah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia sebagai salah satu alat transportasi yang digunakan untuk menempuh perjalanan pendek maupun jauh. Selain harga tiket yang relatif murah, kereta api dipilih juga karena jadwal lalu lintas yang teratur dengan harga terjangkau, jarak tempuh pun  lebih cepat dilalui dibanding dengan transportasi darat lainnya.

Perlintasan rel kereta api sering kita temui terutama di sudut wilayah Pulau Jawa, meskipun kita juga dapat melihatnya di wilayah Pulau Indonesia yang lainnya. Tetapi tak banyak dari kita mengetahui fakta – fakta menarik kereta api.

Selalu ada bebatuan di sepanjang Rel Kereta Api
Tumpukan bebatuan yang kamu lihat di sepanjang rel kereta dinamakan ‘ballast’. Ballast mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai penompang utama landasan rel kereta. Bebatuan yang digunakan adalah pecahan batuan kerikil yang tajam sehingga akan mengunci dan tidak licin saat beban kereta melintas.

Jika menggunakan batuan kerikil yang mulus maka bantalan rel akan licin sehingga dapat menyebabkan kereta ambles saat melintas.  Tumpukan bebatuan tersebut akan menompang kayu yang diatasnya terdapat baja besi rel kereta agar perjalanan kereta tidak tergelincir dan rel tetap pada tempatnya.

Apa Fungsi bebatuan di Rel Kereta Api?
Seperti yang sudah dipaparkan diatas jika fungsi utama bebatuan atau ballast tersebut adalah sebagai  penyokong rel kereta api. Namun tidak hanya itu, ballast juga berfungsi untuk membantu drainase air agar rel tidak tergenang air, menyerap getaran, menjaga pemuaian besi baja rel pada batas yang sesuai, dan juga mencegah tanaman tumbuh dibawahnya.

Mengapa Rel Kereta mempunyai celah, apa tidak beresiko anjlok?
Saat membangun rel kereta, para teknisi berpengalaman tersebut memang sengaja memberikan celah kecil antara sambungan besi baja rel satu ke yang lainnya supaya ada ruang untuk baja memuai pada suhu tinggi seperti pada musim panas. Pemuaian besi juga terjadi karena gesekan kereta yang cepat, jadi jika tidak ada celah maka rel kereta akan memuai dan melengkung yang lambat laun akan berubah bentuk dan membahayakan bagi perlintasan kereta

Menaiki kereta saat badai petir apakah bisa tersambar?
Prinsip kereta adalah sebuah logam (badan kereta) yang berjalan diatas logam (rel), maka akan terjadi sangkar petir yang berarti jika kereta berjalan pada saat badai petir menyambar maka petir tersebut akan merambatkan arus pada bagian luar, sehingga jika petir menyambar kereta kamu akan tetap aman berada di dalam kereta.

Kereta selalu membunyikan klakson
Kereta api selalu membunyikan klakson karena alasan keamanan. Klakson yang digunakan kereta adalah klakson angin raksasa yang mempunyai bunyi sangat kuat sehingga dari kejauhanpun akan tetap terdengar klakson dari kereta tersebut. Semua bunyi  klakson kereta mempunyai arti khusus yang untuk memberikan sebuah kode pada daerah sekitarnya sebagai fungsi dasar keselamatan.

Arti berbagai bunyi klakson kereta
Tujuan utama dibunyikan klakson kereta adalah sebagai tanda bahwa ada kereta yang akan melintas pada suatu area. Buni klakson kereta sangat beragam dengan maksud masing – masing yakni :
Satu Kali Klakson Panjang : Kereta mendekati stasiun untuk menarik perhatian penumpang yang ada di peron sebagai tanda berhati – hati kereta akan melintas atau berhenti.
Dua Kali Klakson Panjang : Rem kereta telah dilepaskan, kereta akan segera melaju
Beberapa klakson Panjang : Kereta akan melewati persimpangan jalan
Serangkaian klakson pendek : Bunyi klakson ini bertujuan untuk menakut – nakuti hewan yang ada di sekitar rel saat kereta melintas agar hewan – hewan tersebut menjauh dari rel.


Beberapa hal diatas adalah fakta menarik kereta api yang mungkin kalian belum mengetahuinya, jangan lupa baca artikel lainnya untuk menambah ilmu kalian J

Thanks for reading Inilah Fungsi Bebatuan Pada Rel Kereta beserta Fakta Lainnya!

Related Posts

Your Comments

Disclaimer - Privacy Policy

Konten yang terkandung dalam blog ini hanya sebagai gambaran umum informasi, tidak ditujukan untuk nasihat profesional. Pengunjung blog ini dapat meminta nasihat secara profesional dari pihak berkompeten, karena posting pada artikel ini adalah rangkuman ilmu yang bisa berkembang dan berubah setiap waktu. Admin blog ini tidak bertanggung jawab jika terjadi kerugian yang dialami pembaca dari blog ini.

Hubungi Kami

Email : tikapangestina@gmail.com

Terms Of Use

Mengambil semua atau sedikit konten dari isi yang terkandung dalam blog ini wajib mencantumkan link sumber blog ini
Berbagi ilmu yang bermanfaat adalah salah satu bentuk kebaikan yang pahalanya tidak akan putus walau kita sudah tiada
Copyright © GUDANG ARTIKEL - Designed by CB | Daftar Isi : SITEMAP | SETOR ARTIKEL